Asyiknya bermain permainan tradisional. Indonesia yang kaya akan beragam kebudayaaan dan alamnnya tentu menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan negara lain. Salah satunya ialah tentang macam-macam permainan trdisional yang pernah ada. Banyak permainan tradisional dari daerah jawa barat, jawa timur, sunda dan jawa yang pernah populer, tetapi kini sayangnya hanya menjadi kenangan dan jarang sekali dimainkan oleh anak-anak.oleh karena itu, Mari Kita Lestarikan Permainan Tradisional !!!

Senin, 05 Juni 2017

Permainan Pacu Kude dan Permainan Bambu Gila



Permainan Tradisional Pacu Kude


Dapat diartikan bahwa pacu kude adalah pacuan kuda, permainan ini berasal dari Kabupaten Aceh tengah. Kuda dijadikan transportasi di daerah ini karena memang disini daerah pegunungan.
Sehabis panen kuda-kuda ini tidak memiliki kegiatan penting. Jadi waktu-waktu ini di manfaatkan oleh kuda-kuda untuk lari berkelompok, kemudian hal ini di koordinir dan akhirnya terbentuklah yang namanya permainan pacu kude.
Awalnya permainan ini adalah permainan yang bersifat informal, tidak ada peraturan didalamnya. Akan tetapu seiring berjalannya waktu permainan ini di jadikan permainan tersmi yang terdapat peratura-peraturan yang ditentukan.





Permainan Tradisional Bambu Gila


Permainan tradisional Maluku ini merupakan permainan yang penuh mistis, permainan bambu gila ini membuat para pemain memasuki dunia supranatural.
Untuk bisa memainkan bambu gila ini kita memerlukan bambu yang mempunyai diamter 8 cm dan panjangnya sekitar 2,5 meter dan harus mempunyai jumlah ruas ganjil. Pemain yang memegang bambu berjumlah 7 kemudian ditambah 1 lagi yaitu seorang pawang.
Pawang akan membacakan matra kemudian meniupkan asak kemenyan ke arah bambu. Asap dan kemenyan berfungsi untuk memanggil roh para leluhur yang akan memberi kekuatan mistis untuk bambu.
Bambu awalnya tidak terlalu berat, namun lama-kelamaan akan terasa sangat berat, para pemain pun harus kuat memeluk bambu tersebut.

2 komentar:

  1. KESAKSIAN KISAH NYATA 2017

    Kesaksian Edisi 2017. Nama: Bpk. Hidayat M.Rohadi. Kota: Semarang. Jawa Tengah
    Segala Syukur Saya Ucapkan Kepada Allah SWT, Atas Segalah Kuasanya Hingga Ada Sosok Seperti Mbah Bintang Jagat Dimuka Bumi ini Yang Dianugerahi Kekuatan Spiritual Islami, Mbah Bintang Telah Memberikan Saya Dan Keluarga Saya Kebahagiaan, Berkat Bantuan DANA GHOIB 15 Milyar Yang Mbah Bintang Jagat Berikan Kini Bisnis PROPERTY Keluarga Yang Saya Jalankan Sekarang Sudah Sudah Hampir Selesai Pembangunan, DANA GHAIB Dari Mbah Bintang Jagat Saya Pakai Untuk Pelunasan Tanah Dan Sisanya Untuk Pembangunannya..
    Saya Ucapkan Terima Kasih Kepada Mbah Bintang Jagat Karna Bantuan Anda, Akhirnya saya Bisa Sukses, Semoga Anda Juga Merasakan Keberuntungan Saya ini, Demikian Kesaksian Saya Buat Tanpa Adanya pemaksaan Dari Pihak manapun, Wassalam
    KLIK:> Solusi Kemelut Ekonomi 2017

    BalasHapus
  2. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (WA : 081910053031)

    BalasHapus

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Permainan tradisional

PERMAINAN TRADISIONA L Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Kebanyakan permainan ini...

Link

Blogroll

Tentang

Copyright © Permainan Tradisional | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com