Asyiknya bermain permainan tradisional. Indonesia yang kaya akan beragam kebudayaaan dan alamnnya tentu menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan negara lain. Salah satunya ialah tentang macam-macam permainan trdisional yang pernah ada. Banyak permainan tradisional dari daerah jawa barat, jawa timur, sunda dan jawa yang pernah populer, tetapi kini sayangnya hanya menjadi kenangan dan jarang sekali dimainkan oleh anak-anak.oleh karena itu, Mari Kita Lestarikan Permainan Tradisional !!!

Senin, 05 Juni 2017

Permainan petak umpet



PETAK UMPET

Petak Umpet atau sembunyi-sembunyian merupakan permainan anak tradisional yang tak akan usang dan sering dimainkan oleh anak-anak. Balita pun menyenangi permainan ini dalam bentuk yang lebih sederhana (kita bersembunyi balita mencari), Pasti Anda pernah memainkannya kan? Permainan ini tidak perlu alat, hanya perlu satu pos utama dan tempat untuk bersembunyi. Agar lebih seru lakukan ditempat yang gelap, rumah tua atau hutan. Dijamin seru, hehe..

Cara bermain Petak Umpet:
Dalam permainan petak umpet ada satu tempat berupa tiang/pohon/dinding yang kemudian disebut pos utama, Pos ini akan diangap sebagai benteng utama, karena pencari harus menjaganya dengan kerja keras dan sepenuh hati sambil berusaha menemukan peserta lain yang bersembunyi. Permainan petak umpet dimulai dengan hom-pim-pa untuk menentukan siapa yang menjadi pencari  pertama kali.
Setelah ditentukan, Sang Pencari (disebut pula “jaga”) menutup matanya pada pos utama sambil menghitung dengan keras sampai jumlah tertentu atau bisa juga teriak dengan keras menanyakan kepada peserta lain “sudah atau belum” berulang kali kalau dijawab “sudah”, maka Pencari mulai mencari tiap orang yang bersembunyi.
Pencari mulai berkeliling untuk mencari peserta lain. Bila menemukan salah satu, pencari ini harus cepat-cepat berlari dan menyentuh pos utama sambil menyebut nama orang yang ditemukan. Harus benar namanya karena kalau salah sang pencari dianggap kalah. Begitu pula dengan anak yang ditemukan, karena jika lebih dulu anak tersebut menyentuh pos utama, maka ia pada permainan tahap berikutnya tidak akan jaga (jaga=bertugas sebagai pencari). Anak lain yang bersembunyi dapat pula menyentuh pos utama terlebih dahulu agar tidak jaga pada tahap berikutnya, asalkan tidak keduluan pencari menyentuh pos utama.
Setelah semua peserta ditemukan, maka permainan selesai dan dimulai permainan tahap berikutnya. Untuk memulai permainan baru, pencari menutup matanya pada pos utama dan anak-anak lain membentuk barisan di belakangnya. Kemudian Pencari menyebut salah satu nomor. Anak yang ada di urutan nomor yang disebut pencari akan menjadi pihak yang kalah bila tadi dia tidak berhasil lebih dulu mencapai pos utama. Sedangkan bila anak pada urutan yang disebut ternyata adalah anak yang berhasil mencapai pos utama lebih dulu, maka pencari tetap dalam posisi kalah dan permainan dilanjutkan.

Ada beberapa strategi untuk memenangkan permainan petak umpet, misalnya berlindung ditempat yang paling jauh, tukar baju sama teman, atau tinggalkan pulang dulu untuk mandi dan makan serta tidur (baru balik keesokan harinya) hehehe..
Nilai-nilai positif untuk tumbuh kembang anak dalam permainan petak umpet ini adalah :
• Bersosialisasi, karena dalam permainan petak umpet pasti membutuhkan banyak orang
• Olahraga, berlari dan berteriak merupakan komponen utama permainan ini.
• Belajar menyusun strategi bagaimana agar tidak jaga.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Permainan tradisional

PERMAINAN TRADISIONA L Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Kebanyakan permainan ini...

Link

Blogroll

Tentang

Copyright © Permainan Tradisional | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com