Asyiknya bermain permainan tradisional. Indonesia yang kaya akan beragam kebudayaaan dan alamnnya tentu menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan negara lain. Salah satunya ialah tentang macam-macam permainan trdisional yang pernah ada. Banyak permainan tradisional dari daerah jawa barat, jawa timur, sunda dan jawa yang pernah populer, tetapi kini sayangnya hanya menjadi kenangan dan jarang sekali dimainkan oleh anak-anak.oleh karena itu, Mari Kita Lestarikan Permainan Tradisional !!!

Senin, 05 Juni 2017

Permainan Lompat Tali dan Permaianan ketapel



Permainan Tradisional Lompat Tali di Indonesia



Lompat tali termasuk permainan tradisional yang terbuat dari karet gelang, karet gelang yang digabungkan dan disusun panjang. Permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak perempuan. Tali karet gelang yang digunkan dalam permainan ini adalah karet gelang yang belum matang.
Sejarah Permainan
Permainan lompat tali sudah ada semenjak Belanda menjajah Indonesia, awalnya permainan ini dimainkan oleh anak-anak Belanda yang  ada di Indonesia.
Ada juga yang mengatakan bahwa asal permainan lompat tali berasal dari benua Eropa yang menyebar ke benua-benua lainnya termasuk di dalamnya benua Asia Tenggara tepatnya Indonesia.
Bukan hanya itu ada beberapa pendapat juga yang mengatakan permainan ini berasal dari Mesir, Cina, Australia dan lain sebagainya, tidak ada kejelasan yang pasti tentang asal usul permainan yang satu ini.
Peraturan dan Cara Bermain
1.    Permainan dimainkan oleh 3 orang atau lebih.
2.    Ada 2 orang sebagai pemegang tali dan yang lainnya bertugas melompati karet.
3.    Ketinggian karet dimulai dari mata kaki hingga mencapai kepala bahkan tangan yang diacungkan ke atas.
4.    Ketinggian hingga bagian dada, mengharuskan peserta melompat tanpa mengenai karet/tali.
5.    Jika pemain mengenai karet atau terjerat karet maka pemain gugur dan bergantian dengan si pemegang karet.
6.    Jika semua pemain sudah berhasil melewati tantangan lompatan dengan ketinggian akhir, maka permainan akan diulang dari awal, begitu seterusnya.



·         Ketapel

                 Permainan ini menggunakan alat terbuat dari kayu yang dibentuk menyerupai huruf y, atau dahan kayu bercabang, berukuran tinggi 25 cm. Pada kedua ujung kayu dipasang karet kolor hitam atau merah dengan panjang 55 cm. Ujung-ujung karet disambungkan dengan potongan kulit. Alat ini dipakai untuk menembak sesuatu seperti buah-buahan. Sebagai peluru digunakan batu kecil yang dipasang pada kulit. Ketepel dibidikkan dengan membentangkan karet kolor, dan kulit yang telah berisi kerikil dipegang dengan tangan kiri. 



1 komentar:

  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (WA : 081910053031)

    BalasHapus

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Permainan tradisional

PERMAINAN TRADISIONA L Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Kebanyakan permainan ini...

Link

Blogroll

Tentang

Copyright © Permainan Tradisional | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com